Tingkatkan Fungsi Lahan, FT UGM Ubah Lahan Tempat Sampah Menjadi Kebuh Buah

  • Berita - Tingkatkan Fungsi Lahan, FT UGM Ubah Lahan Tempat Sampah Menjadi Kebuh Buah
Erlina
UTC
4 kali dilihat
0 kali dibagikan

Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan kegiatan penanaman pohon buah di lahan sisi timur TPS3R yang sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Selo, beserta Wakil Dekan Ir. Ali Awaluddin, Ph.D., Ketua HPTT 78 Ruli Andaru, Ph.D., serta sejumlah dosen dan tenaga kependidikan FT UGM.

Penanaman pohon ini menjadi bagian dari komitmen Fakultas Teknik UGM dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan tujuan menghijaukan lahan terbuka yang belum termanfaatkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengubah area yang dulunya tempat sampah menjadi area hijau yang lebih produktif.


Beberapa jenis pohon buah yang ditanam memiliki batang berkayu sehingga berumur panjang, seperti mangga, jambu, kelengkeng, rambutan, dan durian. Total ada 22 pohon yang ditanam secara berkelompok.

"Kita memanfaatkan lahan terbuka hijau, memanfaatkan lahan yang idle, kemudian mengubah tempat yang sebelumnya tempat sampah menjadi tempat penghijauan yang kemudian menjadi lebih produktif," ujar Wakil Dekan Bidang Penelitian, Ir. Ali Awaluddin, Ph.D.

Untuk mendukung pertumbuhan pohon-pohon tersebut, digunakan pula pupuk kompos hasil olahan TPS3R Grahakara Grafika. Selain itu, lahan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat percobaan riset-riset di FT UGM, seperti penelitian asam humat yang dilakukan oleh tim Teknik Geologi.

Kegiatan ini merupakan upaya implementasi konsep hidup berkelanjutan dan selaras dengan alam. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pembangunan berkelanjutan khususnya dalam merespon perubahan iklim (SDGs 13), meningkatkan fungsi lahan, serta sebagai salah satu upaya untuk mencapai ketahanan pangan (SDGs 2).


Sumber berita: https://ft.ugm.ac.id/tingkatkan-fungsi-lahan-ft-ugm-ubah-lahan-tempat-sampah-menjadi-kebuh-buah/

© 2024 KATETIGAMA. All Rights Reserved.