Technocorner Around the Corner "Shaping Indonesia's Tech Future: Technocorner 2024 Embraces Humanizing Technology"

  • Berita - Technocorner Around the Corner  "Shaping Indonesia's Tech Future: Technocorner 2024 Embraces Humanizing Technology"
Erlina
UTC
13 kali dilihat
2 kali dibagikan



Technocorner merupakan acara tahunan berbasis teknologi yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada. Tahun ini, ada tiga cabang perlombaan yang akan diselenggarakan, meliputi IoT Development Competition, Electrical Engineering Competition, dan Robotics Competition. Kompetisi berskala nasional ini akan kembali diselenggarakan secara luring di Smart and Green Learning Center, Fakultas Teknik UGM. Dengan merepresentasikan tema “Developing Futuristic Vision Through Humanizing Technology”, diharapkan Technocorner dapat membentuk generasi muda yang kreatif dan berwawasan luas dalam menjawab tantangan global, untuk mempersiapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada era revolusi manufaktur.


Ringkasan Cabang Lomba

  • IoT Development Competition

IoT Development Competition berfokus pada penciptaan perangkat IoT yang praktis dan bermanfaat bagi masyarakat. Tahun ini, IoT Development Competition mencakup subtema seperti smart home, industri, kesehatan, pendidikan, transportasi, pertanian, lingkungan hidup, fasilitas umum, energi terbarukan, dan tanggap bencana.


  • Electrical Engineering Competition

Electrical Engineering Competition (EEC) adalah kompetisi serupa olimpiade dengan tiga bidang yang diuji, yaitu matematika, fisika, dan ilmu komputer. Tim yang terdiri dari tiga siswa SMA atau sederajat di seluruh Indonesia akan bersaing dalam tiga babak: Penyisihan, Semifinal, dan Final.


  • Robotics Competition

Kompetisi robotik di Technocorner 2024 terbagi menjadi empat sublomba, meliputi SumoBot, Transporter, Line Follower, dan yang terbaru adalah SoccerBot.

  • SumoBot

SumoBot adalah kompetisi di mana dua robot dikendalikan dengan remote, bertujuan untuk saling mendorong keluar dari lingkaran yang ditentukan seperti aturan gulat sumo, sekaligus mencegah robotnya sendiri meninggalkan arena.

  • Transporter

Transporter merupakan kompetisi di mana peserta mengontrol robotnya dari jarak jauh untuk memindahkan kotak ke area biru untuk mendapatkan poin berdasarkan waktu yang ditentukan untuk evaluasi. Kotak hanya dapat dipindahkan ke area hijau setelah ditempatkan di area biru.

  • Line Follower

Line follower merupakan kompetisi di mana robot secara otomatis mengikuti jalur yang telah ditentukan untuk mencapai garis finish dalam suatu arena, dengan bobot titik tertentu pada setiap jalur sebagai parameter utama penilaian.

  • Soccerbot

SoccerBot merupakan kompetisi di mana dua tim bertanding dengan mengendalikan robot dari jarak jauh untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan. Setiap tim diperbolehkan mengendalikan dua robot, dengan masing-masing robot dioperasikan oleh satu pilot. Pemenang setiap pertandingan adalah tim dengan jumlah gol terbanyak.


Milestone dan Target Technocorner


  • Anggaran Dana


  • Benefit

Menjadi sponsor Technocorner 2024 merupakan peluang yang menjanjikan bagi bisnis untuk memperluas jangkauan melalui berbagai saluran periklanan, termasuk platform media sosial populer seperti YouTube, TikTok, dan Instagram. Dengan mengintegrasikan brand Anda dengan Technocorner, Anda akan memiliki akses ke ribuan pelanggan potensial dan mitra bisnis, meningkatkan visibilitas brand Anda dan mengembangkan basis pelanggan Anda. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk membawa brand Anda selangkah lebih maju!


  • Impact 

Media Sosial

Melalui media sosial Technocorner, kami dapat menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih luas dari masyarakat terhadap kemajuan teknologi dan robotika.

  1. Instagram (@technocornerugm)

Jumlah followers terkini: > 4,7k, telah meningkat 8% daripada tahun lalu dan ditargetkan untuk meningkat lebih dari 10%.


  1. Tiktok (technocornerugm)

Total views: >77k, total likes: >6,5k, engagement rate : 76,71%


  1. Website (technocorner.id)



Potential Market

Pihak terkait Technocorner 2024 terdiri dari tech-enthusiasts, pelajar, profesional, dan akademisi yang tertarik pada teknik elektro dan teknologi informasi. Demografi ini kemungkinan besar adalah kaum muda atau pelajar yang sedang menempuh pendidikan atau berkarir di bidang STEM.

Dalam demografinya, segmen tersebut dapat mencakup pelajar sekolah menengah atas dan sarjana dari berbagai universitas di Indonesia, serta penggemar teknologi dari berbagai latar belakang. Technocorner 2024 menyasar peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Meskipun acara ini diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada, acara ini bertujuan untuk menarik peserta dari universitas, institusi, dan komunitas teknologi di seluruh negeri.


Perkiraan Partisipasi

  • Fakultas Teknik: Technocorner 2024 akan diselenggarakan di lingkungan Fakultas Teknik UGM. Oleh karena itu, sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang berjumlah kurang lebih 10.000 orang, juga menjadi sasaran dari kegiatan ini. Partisipasi dari anggota fakultas, peneliti, dan ahli industri yang berafiliasi dengan bidang teknik dan teknologi juga diharapkan.
  • Peserta: Technocorner biasanya menarik banyak peserta, mulai dari siswa sekolah dasar, sekolah menengah, dan sarjana di bidang teknik elektro dan teknologi informasi. Perkiraan partisipasi pada Technocorner 2024 sejumlah 600 peserta.
  • Pendamping Peserta: Jumlah pendamping peserta, termasuk mentor, pelatih, orang tua, dan staf pendukung, dapat bervariasi pada tiap tim. Perkiraannya dapat berkisar dari puluhan hingga ratusan orang sepanjang acara.


Informasi lebih lanjut mengenai Technocorner 2024 dapat diakses melalui QR code berikut.












© 2024 KATETIGAMA. All Rights Reserved.