Rakor KATETIGAMA 2024 Persiapkan Kegiatan dan Program Kolaboratif

  • Berita - Rakor KATETIGAMA 2024 Persiapkan Kegiatan dan Program Kolaboratif
Admin Katetigama Munio
UTC
44 kali dilihat
0 kali dibagikan

Keluarga Alumni Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (KATETIGAMA) menyelenggarakan rapat koordinasi pada Jum’at (19/01) di Sofyan Hotel Tebet. Agenda ini dihadiri oleh pengurus dan anggota KATETIGAMA.

KATETIGAMA memiliki fokus untuk menjalankan program kerja di beberapa bidang yaitu bidang alumni dan kemahasiswaan, inovasi dan teknologi, kurikulum, training, sertifikasi dan profesi, bisnis dan investasi, serta sosial dan pengabdian masyarakat. Pada agenda rapat koordinasi yang dipimpin oleh Lingga Wardhana selaku Ketua Umum KATETIGAMA, dilakukan pembahasan dan perencanaan program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2024 ini. Dalam melaksanakan kegiatan dan program kerja KATETIGAMA, kontribusi dan dukungan dari para alumni sangat diperlukan, salah satunya adalah aspek pendanaan untuk pelaksanan kegiatan. Oleh karena itu, pada rapat koordinasi dilakukan pembahasan mengenai mekanisme yang tepat untuk mendukung kelancaran aspek pendanaan kegiatan dan program kerja KATETIGAMA. Dari hasil musyawarah disepakati untuk mekanisme pendanaan nantinya akan didukung menggunakan aplikasi yang sudah dimiliki oleh KATETIGAMA yaitu KATETIGAMA-Apps. Dari hasil musyawarah, disepakati pula beberapa program dan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu:

Ngopi Bareng Yuk KATETIGAMA

Program ini direncanakan akan dilakukan secara regular dan diisi dengan diskusi para alumni yang memiliki keminatan pada topik-topik tertentu misalnya Fintech, keamanan informasi, serta ketahanan energi dan renewable energy. Sekalipun merupakan agenda nonformal, program ini tetap memiliki tujuan untuk mempererat sinergi dan kolaborasi antaralumni.

Alumni Business Matching

Alumni Business Matching adalah program yang dirancang untuk mempertemukan antaralumni yang memiliki bisnis, wirausaha, atau startup guna menjalin adanya relasi, pendanaan, dan investasi sehingga dapat mewujudkan kerja sama antaralumni di lintas angkatan yang lebih inovatif dan kolaboratif.

Kolaborasi Project Alumni KATETIGAMA

Alumni DTETI banyak yang memiliki project di berbagai bidang. Melalui program ini diharapkan akan terbentuk kolaborasi dari project-project yang sudah dilaksanakan oleh para alumni dan juga sebagian dari keuntungan yang diperoleh akan digunakan untuk mendukung operasional KATETIGAMA.

Pengembangan Apps KATETIGAMA

Guna mendukung kelancaran program-program yang dimiliki KATETIGAMA, pada November 2023 lalu, KATETIGAMA telah meluncurkan aplikasi bernama KATETIGAMA-Apps, aplikasi eksklusif untuk para alumni yang memungkinkan untuk tetap terhubung dengan sesama alumni, akses berita terkini, kolaborasi antar alumni dan menjelajahi fitur-fitur eksklusif lainnya. Pada agenda rapat dibahas evaluasi terhadap penggunaan aplikasi yang sudah berjalan di mana melalui aplikasi ini diperlukan adanya engagement yang dapat didukung melalui adanya informasi lowongan magang atau lowongan kerja. Kemudian diperlukan pula adanya kompetisi masing-masing angkatan untuk melakukan mengunduh dan melakukan pendaftaran ke aplikasi. Selain itu pengembangan juga perlu dilakukan untuk verifikasi dan validasi alumni yang mendaftar.

Kegiatan Olahraga Bersama

Program olahraga bersama yang sudah rutin dilaksanakan adalah badminton TETI dan KATETIGAMA Mini-Soccer. Kedepannya diharapkan dapat juga dilaksanakan jenis olahraga lainnya yang lebih bervariasi seperti olahraga lari, bersepeda, maupun golf.

Program yang Memberikan Kontribusi Langsung ke DTETI

Suasana di Ruang Rapat Koordinasi KATETIGAMA

Selain program kerja yang bertujuan untuk membangun kolaborasi antar alumni, KATETIGAMA juga melaksanakan program kerja yang dapat memberikan kontribusi langsung kepada DTETI FT UGM. Beberapa program kerja yang sudah berjalan di antaranya:

Beasiswa KATETIGAMA

Melalui program ini, KATETIGAMA memberikan beasiswa bagi mahasiswa DTETI yang berprestasi dan membutuhkan dalam bentuk pembiayaan UKT atau living cost per bulan. Program yang sudah berjalan saat ini adalah pemberian beasiswa bagi 4 orang mahasiswa berupa uang saku sebesar 750.000/bulan. Harapannya ke depan program ini dapat terus berjalan dan mendapat dukungan dari para alumni.

Pemberian Fasilitas Konsultasi atau Konseling Gratis bagi Mahasiswa DTETI dan Alumni

Program fasilitas konseling gratis bagi mahasiswa dan alumni ini sudah berjalan di DTETI sejak tahun 2016 dan program ini merupakan program yang di-support oleh alumni untuk operasionalnya sehingga mahasiswa dan alumni yang memerlukan bisa melaksanakan konsultasi gratis dengan psikolog.

Kesempatan Magang bagi Mahasiswa DTETI

Program kesempatan magang bagi mahasiswa DTETI ini saat ini juga masih berjalan. Beberapa mahasiswa yang menempuh magang atau kerja praktik sudah ada yang melaksanakan di perusahaan alumni. KATETIGAMA juga memberikan kesempatan bagi perusahaan alumni apabila ada yang membuka peluang magang dapat dikomunikasikan melalui keluarga mahasiswa yaitu KMTETI atau melalui dosen DTETI. Program magang ini dari alumni mengharapkan bisa dilakukan minimal 2 bulan dan ada opportunity untu dilanjutkan secara remote.

Kerja Sama Sertifikasi dengan Fortinet untuk Dosen dan Mahasiswa DTETI.  

Kerja sama dengan FORTINET sudah dibangun untuk jangka waktu 3 tahun dan saat ini sudah berjalan 1,5 tahun. Program ini diharapkan dapat terus berjalan dan dioptimalkan sehingga dapat memberikan manfaat bagi dosen dan mahasiswa DTETI di bidang pembelajaran dan sertifikasi. Salah satu yang akan direncanakan adalah Pembelajaran dan Sertifikasi Cyber Security. (EFJ)

© 2024 KATETIGAMA. All Rights Reserved.