Kontribusi dan Motivasi Alumni DTETI dalam Perjalanan Kerja Praktik di Telkomsel

  • Berita - Kontribusi dan Motivasi Alumni DTETI dalam Perjalanan Kerja Praktik di Telkomsel
Erlina
UTC
12 kali dilihat
0 kali dibagikan


Masa kerja praktik menjadi momen penting bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam dunia kerja. Namun, apa yang membuat pengalaman tersebut semakin berarti adalah dukungan dan bimbingan dari para alumni yang telah sukses dalam karir mereka. Hal ini tercermin dalam pengalaman kami, ketika kami melaksanakan kerja praktik di Telkomsel, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia.

Ketika proses pengajuan proposal dan assesment dari PT Telkomsel dimulai, kami menyadari bahwa kami membutuhkan referensi dari pegawai Telkomsel untuk mendukung aplikasi kami. Di sinilah kami beruntung karena kami mendapatkan support dan dukungan dari Bapak Hafiddudin Triatmojo, alumnus Teknik Elektro UGM angkatan 1990, yang saat ini menjabat sebagai General Manager Network Computing Infrastructure Management di Telkomsel. Dukungan dan rekomendasi Beliau sangat membantu kami dalam proses pengajuan kerja praktik di PT Telkomsel.



Setelah diterima, kami ditempatkan di divisi Big Data Management dan Data Operation and Excellence. Di sana, kami diperkenalkan dengan Mas Yudha Pratama, alumnus Teknologi Informasi UGM tahun 2011, yang menjadi mentor kami. Mas Yudha, yang kini menjabat sebagai Data Engineer di Telkomsel, tidak hanya memberikan kami pengetahuan tentang sistem big data Telkomsel, tetapi juga memberikan tugas proyek yang menantang, mendampingi kami dalam proses pengerjaan, serta memberikan evaluasi yang konstruktif.

Selama di sana, mas Yudha juga memperkenalkan kami dengan Mas Ivan Saputra, yang juga alumnus Teknologi Informasi tahun 2011, yang saat ini menjabat sebagai Software Engineer di Telkomsel. Mas Ivan berbagi pengalaman berharga tentang membangun karir di ranah IT, serta nostalgia masa-masa kuliah yang membantu kami memahami perjalanan karir yang akan kami hadapi.



Kontribusi para alumni ini tidak hanya terbatas pada pengetahuan dan pengalaman kerja mereka, tetapi juga dalam memberikan dorongan dan motivasi kepada kami. Dengan adanya bimbingan mereka, kami merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam kerja praktik kami. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengetahuan dan keterampilan kami, tetapi juga membentuk hubungan yang berharga dalam membangun jaringan profesional di masa depan.

Dalam satu bulan kerja praktik kami di Jakarta pada 3 Januari 2024 - 7 Februari 2024 yang lalu, kehadiran para alumni di Telkomsel, seperti Pak Hafiddudin, Mas Yudha Pratama, dan Mas Ivan Saputra, telah memberikan dampak yang signifikan dalam membimbing dan memotivasi kami selama masa kerja praktik kami. Pengalaman ini tidak hanya menguatkan keterampilan profesional kami, tetapi juga memperluas jaringan dan membangun fondasi yang kokoh untuk karir masa depan kami di dunia teknologi informasi dan telekomunikasi.

 

Artikel ini ditulis oleh Adzkia Khansa Meara, Angelica Callysta Viera, dan Diandra Nabila Putri (Mahasiswa Teknologi Informasi FT UGM Angkatan 2021)

© 2024 KATETIGAMA. All Rights Reserved.